Pojok-aktivis

Dari Gelap Menuju Terang

Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP

Friday, July 10, 2020

KEBANGKITAN DAKWAH SYARIAT & KHILAFAH DI MASA PANDEMI



Oleh : Muhammad Ikhsan

Dakwah adalah merupakan nafas kehidupan Islam, maka melalui kegiatan dakwah diharapkan kita dapat meningkatkan syiar yang dapat berdampak pada perilaku & cara berfikir pada masyarakat.

Khususnya kesadaran masyarakat mengenai betapa pentingnya mengamalkan Syariat Islam secara Kaffah sehingga masyarakat ikut termotivasi untuk melakukan kegiatan dakwah.

Dakwah tidak selalu harus di atas mimbar, dakwah bisa di mana saja. Masa pandemi ini telah  mengakibatkan perubahan besar pada pola kehidupan, termasuk pola berdakwah yang biasanya dilakukan secara tatap muka dan berjamaah akhirnya tidak dapat dilakukan, karena terdapat larangan larangan aktivitas yang berpotensi mengumpulkan massa, yang dianggap dapat menimbulkan resiko penyebaran virus. Semua fenomena di atas memaksa kita untuk tetap mematuhinya.

Dakwah bukan hanya tugas para Ustadz atau Da'i, tetapi juga tugas setiap umat muslim di mana pun dia berada, wajib untuk berdakwah sesuai kemampuannya masing-masing.

Pada kenyataannya dakwah tidak hanya dapat dilakukan di masjid, majelis atau komunitas dengan bertatap muka secara "Old School". Dakwah bisa dilakukan di mana saja, dan kapanpun saja, termasuk secara virtual di dunia maya.

Jangan biarkan kirana, kuruna & korona atau apapun itu mampu menghentikan semangat kita dalam berdakwah.
Pandemi seharusnya tidak menurunkan semangat dakwah para pengemban dakwah, namun sebaliknya pada masa sulit ini bisa kita jadikan peluang sebagai tonggak awal kebangkitan dakwah era digital.

Covid-19 secara tak langsung mendorong urgensi pengemban dakwah untuk mulai mengambil langkah memasuki era internet digital yang lebih luas lagi jangkauannya, memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi secara virtual menjadi alternatif pergeseran pola dakwah.

Hal ini tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi para pengemban dakwah yang baru saja memulai melakukan dakwah secara virtual.
Namun, di satu sisi lain merupakan peluang besar kita sebagai aktivis dakwah Syariat dan Khilafah dalam memperluas jangkauan komunikasi jamaah lintas daerah di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia.

Salam Dakwah![]

No comments:

Post a Comment

Adbox