Pojok-aktivis

Dari Gelap Menuju Terang

Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP

Thursday, October 24, 2019

Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa #3: Islam Solusi Sistemik bagi Indonesia



FordokNews - Malang (20/10). Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa (FDM-PB) edisi ke-3 telah terlaksana di Kota Malang pada Ahad (20/10) dengan mengambil tema "Negara dalam Krisis, Butuh Solusi Sistemik".

FDM-PB ini digelar di Ballroom salah satu hotel di kawasan Malang. Kapasitas ruang dengan 60 kursi nampak penuh oleh para profesor, doktor, dan magister dari berbagai disiplin ilmu. Mereka hadir antara lain dari: Malang, Surabaya, Jember, Bangkalan, Gresik, Blitar, Jombang, Sidoarjo, dan bahkan dari beberapa kota di luar Jawa Timur.

Tampil sebagai narasumber pembuka Dr. Ichsanuddin Noorsy, BSc., SH., MSi., Ekonom dan Pengamat Politik Ekonomi kawakan ini menyampaikan bahwa krisis yang menimpa Indonesia ini bukan datang tiba-tiba tetapi sudah berproses dan direncanakan sejak Indonesia baru merdeka. 
Buat apa bertahta dan berharta jika tidak membebaskan Indonesia dari ketertindasan, kebodohan, kemiskinan, ketimpangan dan kehinaan, tegas Ichsanuddin Noorsy.

Narasumber kedua, Prof. Daniel M. Rosyid, PhD., M.RINA., pakar Pendidikan & Maritim menyampaikan bahwa sekolah saat ini justru menjadi alat “pendunguan” yang membuat siswa tidak sadar kalau sedang dijajah, dan agar siswa sabar untuk menjadi buruh pabrik, ungkapnya.
Prof Daniel memberi solusi untuk menyelamatkan negeri ini, ummat Islam perlu melakukan re-Islamisasi melalui reposisi atas peran ekonomi-politiknya sebagai pemilik sah Republik ini yang kemerdekaannya telah dibayar  dengan darah, keringat dan airmata ulama dan santri, ajaknya.

Narasumber berikutnya Prof. Dr.-Ing. H. Fahmi Amhar, profesor Riset Sistem Informasi Spasial dan 
Pengamat Politik Teknologi.
Prof Fahmi mempertanyakan: "Jangan-jangan Indonesia
ini sakit kronis yang bisa tiba-tiba "stroke".
Jika menggunakan tolok ukur Islam krisis di negeri ini terbilang sangat serius, salah satunya riba merajalela dari hutang yang mencapai 5.000 trilyun lebih. Diperlukan Solusi Islami di berbagai bidang kehidupan, terangnya.

Acara berlanjut dengan narasumber lain diantaranya: Prof. Dr. Suteki, S.H., M.Hum., pakar Sosiologi Hukum dan Filsafat Pancasila; Dr. Rudy Wahyono, SE., M.Si., pakar Ekonomi; Dr. Sucipto, M.P., pakar Kebijakan Agroindustri, dan Dr. N. Faqih Syarief H., M.Si. selaku narahubung pembaca pernyataan sikap di akhir forum.

Acara yang diawali pukul 09.00 dan berakhir pukul 16.00 WIB ini berlangsung lancar dan cukup interaktif. [Ari/Ard]

No comments:

Post a Comment

Adbox