Pojok-aktivis

Dari Gelap Menuju Terang

Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP

Sunday, May 26, 2019

OBOR : ANCAMAN KOLONIALISME CHINA


_Haram Hukumnya dan Harus Dipadamkan_


Oleh: Ahmad Sastra

Berkaca pada sejarah, China berambisi mewujudkan kembali kejayaan jalur sutra masa lalu. Sekitar 2000 tahun silam dibawah dinasti han (202 SM – AD 220), jalur sutra menjadi penghubung antara benua-benua, mulai dari Asia, Eropa, hingga Afrika sepanjang 7000 mil.

Kereta kuda dan unta adalah kendaraan yang membawa sutra ke Barat melewati gurun, untuk mengamankan dari perampasan komoditi oleh suku kecil di Asia tengah, maka tahun 135-90 SM, Han mengirim jenderal Chan Ch’ien untuk membangun hubungan dengan suku2 tersebut dan membentuk aliansi perdagangan, dari sinilah istilah jalur sutra itu lahir.

Berawal dari kesadaran nostalgia tersebut, China tergugah untuk menggelorakan kembali jalur sutra melalui dua sumbu utama yakni Silk Road Economic Belt (jalur sutra darat) dan 21st Century Maritime Silk Road (jalur sutra laut). Presiden Xi Jinping mengumumkan rencana ambisius ini tahun 2013, nama jalur sutra dikarenakan China adalah pengekspor sutra ke Barat.

Sejauh 7000 mil jalur sutra membentang dari Tiongkok, Asia tengah, India Utara (timur), hingga kekaisaran Parthia dan Romawi (Barat). Tahun 2013 disebut One Belt One Road (OBOR) dan 2016 berubah menjadi Belt Road Initiative (BRI) dengan tujuan China’s Dream (kemakmuran) dan  the great revival of the chinese nation.
 
“Jalur sutra adalah harapan kami, melalui pembangunan jalur darat dan laut, kami akan menampilkan kekuatan ekonomi baru untuk pertumbuhan dunia, membangun sarana baru bagi pembangunan global dan menyeimbangkan globalisasi ekonomi sehingga umat manusia akan bergerak pada jalan yang sama. (Xi Jinping, Reuther, Senin, 15/5/17).

Semenjak liberalisme ekonomi tahum 1978. China menjadi one country, two system. Ekonomi China berkembang pesat. Menurut IMF rata-rat GDP China meningkat dari 2001 sampai 2010 sebesar 10,5 %. Antara 2007-2011 perkembangan China setara dengan perkembangan seluruh negara G7 dikombinasikan. Cadangan devisa China mencapai 3,1 Triliun US Dolar per November 2018.

Jalur sutra  adalah jalur perdagangan yang menghubungkan Tiongkok dengan negara-negara di Eropa, Asia, dan Afrika melalui semangat perdamaian, kerjasama, keterbukaan dan inklusivitas, saling belajar dan saling menguntungkan dengan komoditas utama sutra.

Pada 28 Maret 2015, National Development and Reform Commission, menerbitkan dokumen “Vision and Actions on Jointly Building Silk Road Economic Belt and 21st Century Maritime Silk Road.” OBOR bertujuan untuk mempromosikan kerjasama regional, mempertahankan sistem perdagangan bebas dan ekonomi yang terbuka, mempromosikan dan meningkatkan konektivitas, memperkuat mutual understanding dan stabilitas regional (Binhong, 2016).

Dengan memadukan jalur laut dan darat, Tiongkok berambisi ingin mengintegrasikan seluruh potensi ekonomi negara di sepanjang jalur OBOR menjadi suatu sistem ekonomi terpadu, dengan Tiongkok sebagai episentrum (Suropati, Sulaiman, & Montratama, 2016).

Inisiatif kerjasama dalam OBOR mencakup 65% populasi dunia ( 68 negara mitra) dan sepertiga GDP global (Xing, 2018). OBOR terdiri atas dua jalur perdagangan yaitu jalur perdagangan darat yang disebut New Silk Road Economic Belt dan jalur perdagangan laut yang disebut 21st Century Maritime Silk Road. New Silk Road Economic Belt : menghubungkan Tiongkok dengan Asia Tengah, Asia Barat, Timur Tengah, dan Eropa (Jetin, 2017).  21st Century Maritime Silk Road : mempererat hubungan Tiongkok dengan Asia Selatan dan Asia Tenggara yang berfokus pada perdagangan maritim (Kartini, 2015).

Negara-negara yang terlibat proyek OBOR terdiri dari 14 negara di Asia Timur dan tenggara, 13 negara di Asia Selatan dan tengah, 17 negara di Timur tengah serta 24 negara di Eropa, 31 negara diantara total 36 negara miskin utang tinggi mendapat suntikan BRI. Diantara 68 negara yang berutang ke Tiongkok melalui BRI, 23 negara beresiko mengalami gagal bayar.

OBOR adalah sebuah jebakan utang China. Dari 68 negara yang menjalin kerja sama dengan Tiongkok, 33 negara punya peringkat investasi B atau bahkan tanpa peringkat. Sepuluh diantaranya merupakan negara kaya seperti Brunai dan Iran. Atau belum punya hutang banyak seperti Timor Leste. Sebanyak  23 negara lainnya berpotensi terlilit hutang ribawi . Setelah lima tahun berjalan, ada delapan negera dengan resiko krisis finansial paling tinggi karena masuk jebakan hutang Tiongkok.  Yakni Pakistan, Maladewa, Montenegro, Laos, Mongolia, Djibouti, Kyrgystan dan Tajikistan. 

Terparah adalah Pakistan yang terikat Perjanjian China – Pakistan Economic Corridor senilai USD 62 Milyar (903) triliun, belum termasuk pinjaman lain. Gagal bayar harus melalui skema tukar aset, seperti Sri langka  yang harus menyerahkan saham kepemilikan Pelabuhan Hambantota serta hak pengelolaan ke Tiongkok selama 99 tahun. Penyerahan lahan sengketa Tajikistan pada tahun 2011. 

“Harga yang harus dibayar untuk mengurangi utang tersebut bisa jadi lebih merugikan bagi Sri Langka”, Kata Sathiya Moorthy , pakar Sri Langka di Observer Research  Foundation, kepada New York Time. Karena ketakutan atas jebakan utang ini, Myanmar meminta pengurangan jumlah pinjaman untuk proyek pelabuhan Kyaukpyu.

Indonesia juga berada dalam jebakan OBOR. Ada 13 proyek OBOR tersebar di Kalimantan, Sumatra dan Jawa. Dianataranya adalah : Kuala Tanjung Internasional Hub Port, Kuala Tanjung Industrial Estate, Sei Mangkei Special Economic Zone, New Industrial Estate (GIIFE), Kuala Namu Aerocity, Hydropower, Aluminium and Steel Alloy Smelter, Pindada Internasional Port, INALUM Port, Beh International Airport, Likupang Tourist Estate, Bitung Industrial Estate, Mandara Toll Road, Kura-kura Island Tech Park Bali.

Total utang USS 16 milyar per Januari 2018 atau sekitar 224 triliun (hasil pertemuan BRI OBOR Beijing 25-28 April 2019 sebanyak 28 proyek dengan nilai bisnis mencapai 1.296 triliun). Hutang Indonesia telah mencapai 376, 8 milyar US dolar (5.275,2 triliun) akan bertambah lagi dengan adanya OBOR, hingga mencapai hampir 6600  triliun.

OBOR adalah strategi debt colonialism yakni sebuah sistem untuk mengekang dan menjajah negara dengan lilitan hutang. Dengan begitu, maka Tiongkok bisa memiliki aset dan tanah di berbagai negara di dunia. Lalu, dananya dari mana? Dananya di bersumber dari tiga institusi utama, yaitu the Export-Import Bank of China, Asia Infrastructure Investment Bank, dan the Silk Road Fund.

Secara umum, OBOR bekerja dengan cara membuka proposal kerjasama dari negara-negara yang menjadi target proyek OBOR dalam dua jenis, yaitu Silk Road Economic Belt (SREB) dan Maritime Silk Road (MSR). Negara yang tidak terlewati jalur proyek OBOR ini juga dapat mengajukan proposal kerjasama untuk memperluas cakupan OBOR. Proposal dari kedua mekanisme tersebut akan ditinjau untuk memutuskan pemberian pinjaman.

Ada dua jenis pinjaman government concessional loan dan preferential buyer’s credit. Kedua jenis pinjaman tersebut sama-sama berjangka 20 tahun dengan suku bunga (riba) maksimal 3%. Namun skema ini fleksibel dengan persyaratan kerjasama yang masih dapat disesuaikan dengan keadaan negara penghutang (debitur), sehingga persyaratan di satu negara bisa berbeda dengan negara lainnya. 

Ada beberapa dampak buruk jika proyek OBOR terus berjalan di Indonesia. Diataranya adalah jebakan hutang ribawi, dan beresiko jual aset negara jika tak mampu membayar hutang. Banjir tenaga kerja aseng yang akan menggeser tenaga kerja lokal. Jatuhnya industri manufaktur  karena bahan baku dan materi dari china. Tersebarnya ideologi komunis yang bertentangan dengan ideologi Islam yang akan meracuni rakyat. Banyaknya UKM dan pabrik di Indonesia yang gulung tikar. Hegemoni ideologi kapitalisme komunisme yang akan merusak tatanan sosial agama. 

Komunisme dan kapitalisme adalah dua ideologi yang penuh nafsu dan tidak punya tenggang rasa. Tuhan telah mati dalam kesadarannya. Manusia merupakan sasaran penipuan. Yang satu bangkit untuk dahaga revolusi, yang lain giat mengejar pajak. Di antara dua batu, manusia remuk binasa (Sir Muhammad Iqbal, Javid Nama, h. 52).

Miguel D Lewis menegaskan akan bahaya ideologi kapitalisme, dia katakan bahwa capitalism is religion. Banks are churches. Bangkers are priests. Wealth is heaven. Poverty is hell. Rich people are sainst. Poor people are sinners. Commodities are blessings. Money is God.

Ancaman kapitalisme negara adalah dua kekuatan otoriter kapitalis negara besar, Amerika dan China akan menggunakan perusahaan negara mereka sebagai senjata dalam konflik dengan negara lain, sebagai kendaraan untuk mengendalikan sumber daya alam tertentu, kendaraan untuk mencuri teknologi negara lain, atau untuk merusak norma lingkungan dan tenaga kerja dimana perusahaan negara mereka berinvestasi.

State capitalism adalah an economic system in which the state undertakes commercial economic activity and where the means of production are organized and managed as state – own business enterprises (including the procesess of capital accumulation, wage labor and centralized management). 

Bangkitnya kapitalisme negara adalah ciri utama tatanan dunia saat ini. seperti yang diperingatkan Kurlantzick dalam buku state capitalism, rezim otoriter seperti Rusia dan China akan menggunakan perusahaan negara sebagai senjata perang de facto melawam Amerika dan sekutunya (devin Stewart).

Haram hukumnya memberikan jalan kepada China untuk melakukan kolonialisasi dan chinaisasi atas negeri kaum muslimin Indonesia dan negara Islam lainnya. Maka menandatangani proyek OBOR adalah memberikan jalan atas penjajahan China atas Indonesia yang bertentangan dengan Islam, maka hukumnya haram dan harus ditolak. “ ….dan Allah sekali-kali tidak akan memberi jalan kepada orang-orang kafir untuk memusnahkan orang-orang yang beriman” (QS An Nisa’ : 141).

Allah memberikan gambaran dalam Al Qur’an, “ Dan demikianlah Kami adakan pada tiap-tiap negeri penjahat-penjahat yang terbesar agar mereka melakukan tipu daya dalam negeri itu. dan mereka tidak memperdayakan melainkan dirinya sendiri, sedang mereka tidak menyadarinya”. (QS Al An’am : 123)

Sesungguhnya orang-orang yang kafir menafkahkan harta mereka untuk menghalangi (orang) dari jalan Allah. Mereka akan menafkahkan harta itu, kemudian menjadi sesalan bagi mereka, dan mereka akan dikalahkan. dan ke dalam Jahannamlah orang-orang yang kafir itu dikumpulkan (QS Al Anfal : 36).

Hanya ideologi Islam yang mampu menghentikan penjajahan kapitalisme dan komunisme. Dewan Intelijen Nasional Amerika Serikat (National Inteligent Council/NIC) pada Desember 2004 merilis laporan dalam bentuk dokumen yang berjudul Mapping The Global Future.  “A New Caliphate provides an example of how a global movement fueled by radical religious identity politics could constitute a challenge to Western norms and values as the foundation of the global system” [Maping The Global Future: Report of the National Intelligence Council’s 2020 Project].

Dokumen ini berisikan prediksi atau ramalan tentang masa depan dunia tahun 2020. Dalam dokumen tersebut, NIC memperkirakan bahwa ada empat hal yang akan terjadi pada tahun 2020-an yakni: (1) Dovod World: Kebangkitan ekonomi Asia; Cina dan India bakal menjadi pemain penting ekonomi dan politik dunia. (2) Pax Americana: Dunia tetap dipimpin dan dikontrol oleh AS. (3) A New Chaliphate: Kebangkitan kembali Khilafah Islam, yakni Pemerintahan Global Islam yang bakal mampu melawan dan menjadi tantangan nilai-nilai Barat. (4) Cycle of Fear.

[AhmadSastra, KotaHujan, 22/05/19 : 05.40 WIB]

2 comments:

  1. KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA BERKAT BANTUAN AKI SOLEH
    MAKANYA SENGAJA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET !!!

    assalamualaikum wr, wb, saya IBU RAHMA saya Mengucapkan banyak2
    Terima kasih kepada: AKI SOLEH
    atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan "4D"
    alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI
    dan berkat bantuan AKI SOLEH saya bisa melunasi semua hutan2…
    orang tua saya yang ada di BANK BRI dan bukan hanya itu AKI alhamdulillah,
    sekarang saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2.
    Itu semua berkat bantuan AKI SOLEH sekali lagi makasih banyak ya, AKI
    yang ingin merubah nasib
    seperti saya...?
    SILAHKAN GABUNG SAMA AKI SOLEH No; { 082-313-336-747 }

    Sebelum Gabung Sama AKI Baca Duluh Kata2 Yang Dibawah Ini
    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini...!!
    1: Di kejar2 tagihan hutang..
    2: Selaluh kalah dalam bermain togel
    3: Barang berharga sudah
    terjual buat judi togel..
    4: Sudah kemana2 tapi tidak
    menghasilkan, solusi yang tepat..!
    5: Sudah banyak dukun ditempati minta angka ritual blom dapat juga,
    6: Pelet pemikat hati untuk pria
    7: Pesugihan tanpah tumbal
    8: Dukun santet paling ampuh
    satu jalan menyelesaikan masalah anda..
    Dijamin anda akan berhasil
    silahkan buktikan sendiri
    Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA)
    No WA Aki : 082313336747

    TERIMA KASIH YANG PUNYA
    ROOM ATAS TUMPANGANYA SALAM KOMPAK SELALU

    (1)"http://angkaramalantogel.blogspot.co.id/"

    (2) "Pelet Khusus Untuk Pemikat Hati Pria"

    (3) "Ilmu Santet Ganas"

    (4) "Asli Pusat Pesugihan Putih Tanpa Resiko"

    ReplyDelete
    Replies
    1. KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA BERKAT BANTUAN AKI SOLEH
      MAKANYA SENGAJA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET !!!

      assalamualaikum wr, wb, saya IBU RAHMA saya Mengucapkan banyak2
      Terima kasih kepada: AKI SOLEH
      atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan "4D"
      alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI
      dan berkat bantuan AKI SOLEH saya bisa melunasi semua hutan2…
      orang tua saya yang ada di BANK BRI dan bukan hanya itu AKI alhamdulillah,
      sekarang saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2.
      Itu semua berkat bantuan AKI SOLEH sekali lagi makasih banyak ya, AKI
      yang ingin merubah nasib
      seperti saya...?
      SILAHKAN GABUNG SAMA AKI SOLEH No; { 082-313-336-747 }

      Sebelum Gabung Sama AKI Baca Duluh Kata2 Yang Dibawah Ini
      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini...!!
      1: Di kejar2 tagihan hutang..
      2: Selaluh kalah dalam bermain togel
      3: Barang berharga sudah
      terjual buat judi togel..
      4: Sudah kemana2 tapi tidak
      menghasilkan, solusi yang tepat..!
      5: Sudah banyak dukun ditempati minta angka ritual blom dapat juga,
      6: Pelet pemikat hati untuk pria
      7: Pesugihan tanpah tumbal
      8: Dukun santet paling ampuh
      satu jalan menyelesaikan masalah anda..
      Dijamin anda akan berhasil
      silahkan buktikan sendiri
      Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA)
      No WA Aki : 082313336747

      TERIMA KASIH YANG PUNYA
      ROOM ATAS TUMPANGANYA SALAM KOMPAK SELALU

      "http://angkaramalantogel.blogspot.co.id/"

      Delete

Adbox