Pojok-aktivis

Dari Gelap Menuju Terang

Senin, 20 Mei 2019

Forum Doktor Muslim : Karena ASEAN gagal, maka menjadi lebih berat dalam menghadapi OBOR China



Surabaya._ ” ASEAN  telah gagal mewujudkan strategi regional, sehingga menjadi lebih berat dalam menghadapi OBOR-nya China,” kata Prof. Daniel M. Rosyid, Ph.D. dalam Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa (18/05) pada tengah hari sampai saat berbuka puasa, di sebuah hotel kawasan Surabaya Selatan. Forum yang dihadiri 40 orang dari para doktor, kandidat doktor dan para master dari berbagai kota di Indonesia, dari berbagai bidang kepakaran dan kompetensi mereka.

Forum ini diselenggarakan sebagai bentuk keprihatinan tehadap potensi dampak negatif dari implementasi OBOR di Indonesia. Prof. Daniel lebih jauh memaparkan, “OBOR adalah jurus baru naga yang membutuhkan ruang gerak baru agar tetap sehat, dengan sumber-sumber makanan dan energi baru. Selain sebagai produsen, China juga ingin menjadi _transporter of the world._ Untuk mewujudkan hal itu, China telah menyiapkan diri untuk menguasai jalur darat dan maritim bagi kepentingan ekonominya. Aspek lainnya, Islamophobia yang digelorakan sejak kampanye _global war on muslim_ oleh George W. Bush sejak tahun 2001, telah diam-diam juga digemakan oleh Xi Jinping.”

Narasumber lain antara lain Dr. Faqih Syarif M.Si, Dr. Fahmy Lukman M.Hum., Lukman Noerochim, Ph.D., DR. Hafid Widodo, Fachrudin Syah, Ph.D. Masing-masing narasumber mempresentasikan makalah sesuai tema, meliputi ancaman OBOR/BRI terhadap pertahanan keamanan khususnya kedaulatan maritim, ideologi dan politik, kedaulatan energi dan pangan, pendidikan dan sosial budaya serta maritim.

Di akhir forum, Para Doktor tersebut membacakan rumusan sebagai rekomendasi forum, antara lain: 1. Hendaknya rakyat/bangsa Indonesia mewaspadai bahaya dari proyek OBOR/BRI dan harus menolaknya; 2. Urgen melakukan penyadaran masif di tengah masyarakat tentang bahaya proyek OBOR/BRI. 3. Kepada Pemerintah, hendaknya membatalkan proyek OBOR/BRI dengan China, karena berpotensi menimbulkan ancaman yang serius bagi bangsa Indonesia.[] rif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox