Pojok-aktivis

Dari Gelap Menuju Terang

Senin, 08 April 2019

Khilafah, Sejarahnya Dan Masa Depan Kita



dr. Muhammad Amin, SpMK

Khilafah adalah ajaran Islam. Jika shalat dan puasa adalah ajaran Islam dalam bidang hablum minallah, maka khilafah adalah ajaran Islam di bidang hablum minan nas, dalam bidang pemerintahan.

Khilafah mendasarkan tata cara pengelolaan interaksi di antara masyarakat dg masyarakat yg lain menggunakan syariah islam yg notabene rohmatan lil alamin. Khilafah mengelola hubungan masyarakat dg negara juga menggunakan syariah Islam. Demikian juga khilafah mengelola hubungan negara dg negara lainnya dengan syariah Islam. Pendeknya apa yg diharamkan Allah SWT tak akan dilakukan oleh khilafah dan apa yg diwajibkan Allah SWT tak akan ditinggalkan oleh khilafah.
Dalam hal yg Allah SWT serahkan urusannya kepada manusia, khilafah akan melihat apakah membutuhkan keahlian tertentu unt memutuskannya. Jika iya, maka khilafah akan merujuk kepada pakar di bidangnya. Jika tidak maka khilafah akan merujuk kpd suara mayoritas.

Khilafah pernah menjadi sejarah kita. Khulafaur Rasyidin yg notabene merupakan para sahabat rasulullah menjalankan kekhilafahan ini. Nama mereka yg mulia disebut2 dalam terawih kalangan Nahdliyyin di sepanjang bulan suci Ramadhan.

Khilafah juga merupakan masa depan kita karena dia adalah janji Allah kepada Rasulullah, Kanjeng nabi Muhammad saw (QS Annur 55).
Karena khilafah janji Allah SWT maka ia pasti akan ada kembali.
Khilafah tak mungkin disembunyikan atau dihalang2i. Khilafah adalah sejarah dan masa depan kita.

Maka mencoba menakuti ummat dengan khilafah sama halnya menakuti ummat dengan munculnya sinar matahari yg notabene menjadi kebaikan bagi ummat. Dengan khilafah, konsep2 tata kehidupan yang mendatangkan rohmat dan kasih sayang Allah akan dapat dijalankan. Dg konsep itulah sejarah emas ummat ini dibangun dan dengan konsep itulah keburukan dan ketidakadilan jaman sekarang akan diganti dg kebaikan dan peradaban yang gemilang (tafsir alquranul adzim, ibn katsier)
Dan tidak sewajarnya  kita ummat Islam yg ditakuti atau dituduh degan khilafah malah takut dan mengelak sambil berkata tidak.

Khilafah adalah sejarah dan masa depan kita. Khilafah adalah ajaran Islam.[]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox