Pojok-aktivis

Dari Gelap Menuju Terang

Senin, 11 Desember 2017

Monster Cahaya


ziyad falahi 
(pusat kajian survei opini publik) 

Semua tahu kalau monster itu menyeramkan dan hobi marah marah. Mirip dengan penampakan preman yang tampak suram dan jarang tersenyum. Maka tak heran, gerakan radikal senantiasa menjadi antagonis, karena attitude yang mirip monster.

Ditinjau secara historis, pandangan minor tentang monster erat kaitanya tentang mitos "cahaya". Muncul asumsi bahwa pencerahan sebagai hal positif, dan kegelapan sebaliknya.  Yang unik, batman muncul dengan konsep sebaliknya the dark knight, bahwa kegelapan juga keren.

Mungkin saja Batman berani tampil karena orang terkaya di kota. Ternyata di dunia nyata,   yang berani melawan mainstream juga orang kaya seperti donald trump. Kenapa trump tidak takut miskin akibat perbuatannya? Tapi anehnya kenapa banyak figur lain yang takut miskin ?

Inilah yang mendorong kita untuk merevisi pandangan bahwa oligarki adalah kuasa kegelapan. Logikanya terbalik, oligarki justru merupakan kuasa pencerahan. Oligarki  membuat orang miskin terbuai mimpi untuk menikmati kemegahan, padahal mata donald trump telah melihat kehancuran.


catatan:
Orang miskin harus berattitude yang sopan, dan orang kaya boleh sewenang wenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox