Pojok-aktivis

Dari Gelap Menuju Terang

Kamis, 20 Juli 2017

Massa PMPI Surabaya Aksi Long March Tolak Perppu Ormas



Pojok-Aktivis.com, Surabaya - Rabu, 19/7 Siang, Sejumlah Mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam PMPI (Persatuan Mahasiswa dan Pemuda Islam) mengadakan Aksi dan protes atas penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang  (PERPPU) No 2 tahun 2017 tentang Pembubaran Ormas, aksi yang diikuti oleh berbagai organisasi pemuda dan mahasiswa di surabaya ini melakukan Long March dari Tugu Pahlawan Surabaya menuju Gedung DPRD Jawa Timur. Tepat pukul 13.30 peserta aksi mulai berjalan dari depan yugu pahalawan sambil melakukan orasi, membentangkan sepanduk dan poster yang bertuliskan menolak PERPPU tentang Ormas.


Pada aksi kali ini dipandu oleh saudara Kris yang juga Pengurus PMPI Surabaya, acara dibuka dengan pembacaan ayat Al Qur’an yang disampaikan oleh Saudara Mubarok dari Uinsa Surabaya, dilanjutkan dengan Orasi-orasi dari perwakilan masing-masing Aliansi. Orasi pertama disampaikan oleh Kawan Ibrahim dari FUMI (Forum Ukhuwah Mahasiswa Islam), kawan Ibrahim menyampaikan bahwa rezim ini adalah rezim yang tidak pro rakyat, banyak kebijakan yang justru menyengsarakan rakyat sebut saja pada awal tahun 2017 kemarin kenaikan bahan pokok yang melambung sehingga membuat daya beli rakyat kecil semakin sulit, Kenaikkan TDL Pada Mei kemarin juga menambah beban rakyat yang selama ini hidup dalam kesulitan, kawan Ibrahim juga menyampaikan bahwa inilah yang seharusnya di urusi rakyat bukan malah mengurusi Ormas Islam yang justru selama ini senantiasa mengintakan Pemerintah jika melakukan kebijkan yang Dzhalim.

Suasana mendung yang menaungi langit Surabaya semakin menambah Semangat para peserta aksi, terlihat mereka dengan lantang menyuarakan “Tolak dan Caabut PERPPU”, selanjutnya dilanjutkan Orasi yang kedua yang disampaikan oleh ketua Gerakan Mahasiswa Pembebasan Surabaya yaitu kawan Ari Farouq, yang menyampaikan bahwa PERPPU No 2 Tahun 2017 ini tidak mempunyai alasan yang Rasional dan terkesan mengada-ada. kalau pemerintah beralasan bahwa kondisi negara dalam keadaan genting tentu itu tidak masuk akal, toh jokowi masih bisa selvie dan membuat VLOG di akun sosmednya” ujar ari. Ari juga menambahkan kalau memang ada yang genting itu bukanlah ormas apalagi ormas islam, tapi kasus korupsi yang mengakar di negara ini yang melibatkan pejabat negara” tambahnya. dia juga menyampaikan ada banyak megas kasus korupsi yang tidak tersentuh hukum bahkan cenderung di biarkan, misal saja Kasus BANK Century yang menurut BPK menyebabkan Negara Rugi Lebih dari Rp 7 Triliun, Kasus BLBI yang meyebabkan kerugian negara sebesar Rp 3,7 triliun dan juga Kasus baru tentang E KTP  yang menyebabkan kerugian negara sampai Rp 2,3 triliun.

Orasipun berlanjut diDepan Gedung DPRD Jatim, Orasi seanjutnya di sampaikan Oleh saudara Setiawan yang merupakan Ketua BE BKLDK Surabaya, dalam Orasinya Saudara Setiawan menyampaikan bahwa Rezim ini merupakan rezim yang Represif dan Diktator anti Islam, ini dapat dibuktikan dengan berbagai kasus yang menimpa aktivis maupun ulama paska aksi 212. Kawan Setiawan juga menyinggung Pemblokiran Sosmed seperti telegram membuktikan kalau rezim ini represif.

Selanjutnya dilanjutkan dengan orasi yang terakhir yang disampaikan Oleh Saudara Amil dari APM (Aliansi Pemuda Muslim) Surabaya, Saudara Amil Menyampaikan tentang mengapa PERPPU Ormas No 2 Tahun 2017 ini harus ditolak, karena PERPPU ini akan menyduutkan dan meyerang ormas yang dianggap bersebrangan dengan pemerintah, apalagi selama ini Ormas islam selalu disudutkan, menurut Amil tuduhan yang diarahkan pada ormas islam adalah tuduhan yang mengada-ada, selama ini justru Ormas Islam yang selalu melakukan aktivitas amar ma’ruf nahi mungkar, selalu mengigtakan jika ada kebijakan Penguasa yang Dzalim dan pro asing. Amil juga menyampaikan kalau Pancasila tak semestinya dibenturkan dengan Islam.

Acara ditutup dengan Pembacaan Press Release yang dibacakan oleh kordinator PMPI, yaitu saudara Abduurrahman dengan didampingi oleh perwakilan dari organisasi, aliansi maupun lembaga kepemudaan dan Mahasiswa.(AF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox